• image
  • image
  • image
  • image

Pembukaan Kantor Distributor

Print PDF

Pembukaan Kantor Distributor Utama untuk wilayah Jawa Timur. Dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Juli 2011. Acara dilangsungkan di Masjid Al Akbar - Surabaya, ruang Aisyah. Mengingat keterbatasan tempat, jumlah undangan terpaksa dibatasi sejumlah 75 orang. 

Acara yang diberi tajuk Mukjizat Mikroba untuk Kesehatan ini menampilkan nara sumber ibu Navi Gustina, alumni farmasi ITB, dan Prof. Ainul Fatah, seorang ahli mikroba alumni Jepang.
Dalam paparannya, ibu Navi, banyak membuka wacana hadirin mengenai pengobatan medis terhadap penyakit.

Ibu Navi juga mengingatkan agar tidak salah kaprah dengan istilah kimia. Karena konotasi kimia pada sebagian masyarakat nampaknya perlu diluruskan. Setiap mendengar kata kimia, konotasinya adalah racun, bahan berbahaya yang harus dihindari.
Vitamin B2 yang ada dalam beras misalnya, nama kimianya riboflavin. Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah berwarna, disebut Ascorbit acid. Air mempunyai rumus kimia H2O. Buah dan sayuran mengandung unsur kimia yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.



Bahan-bahan jamu, misalnya kunyit, temulawak, jahe, semuanya mengandung unsur kimia yang berguna untuk pengobatan.
Yang perlu diwaspadai adalah unsur kimia sintetis, tiruan, buatan, bukan yang dari alam. Ada pewarna sintetis, ada penyedap rasa sintetis, ada pengawet sintetis, dan seterusnya. Karena bersifat sintetis, maka dalam keadaan tertentu ia akan membebani kerja organ dalam tubuh, seperti hati, dan ginjal. Jika berlangsung terus menerus, dengan jumlah yang melebihi kemampuan, maka organ tersebut akan rusak. Kalau rusak, ya sakit, misalnya gagal ginjal, ketika ginjal sudah gagal menjalankan fungsinya.

Selain itu, ibu Navi juga membuka wacana tentang dunia mahluk halus -karena ukurannya amat sangat kecil, tidak tertangkap indra- yang bernama bakteri. Bahwa tidak semua bakteri adalah buruk, atau merugikan. Banyak sekali bakteri yang bermanfaat, misalnya yang memproses makanan dalam pencernaan. Ada juga bakteri yang bermanfaat untuk membunuh kuman penyakit. Sampah organik juga diproses oleh bakteri sehingga menjadi kompos. Dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut ibu Navi mengenalkan satu jenis bakteri yang mempunyai manfaat sangat besar bagi dunia kesehatan. Namanya Lactobacillus. Yang sekarang sudah banyak disertakan dalam produk makanan dan minuman yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar, terutama perusahaan multinasional.

Sementara Prof. Ainul Fatah, ahli mikroba yang satu ini benar-benar unik, penampilannya jauh dari kesan ilmuwan, beliau mengenakan T-Shirt dengan celana panjang casual, tanpa pakai sepatu, beliau mengenakan sandal kulit biasa. Santai sekali profesor kita ini.
Beliau tampil berbicara, namun setelah sekedar prolog biografinya, tanpa ada pemaparan makalah, langsung membuka forum dialog.
Beruntung sang pembawa acara, bung Sahid, cukup piawai menghidupkan suasana. Beberapa pertanyaan pembuka dan iming-iming hadiah bagi beberapa penanya ternyata mampu memancing hadirin mengalirkan banyak pertanyaan.

Jawaban-jawaban Profesor ahli mikroba lulusan Jepang ini juga unik, banyak membuat hadirin geleng-geleng kepala. Beberapa pertanyaan yang panjang dan lebar, selalu diawab dengan sangat pendek, dan ringkas, namun mudah dicerna dan dipahami.

Menurut Prof. Ainul Fatah, sebenarnya penguasa dunia ini adalah bakteri. Karena nyaris setiap kejadian, ada peran bakteri di situ. Di udara, ada beraneka ragam bakteri dengan fungsinya masing-masing. Di air, di tanah, dan termasuk dalam tubuh manusia, bakteri memegang peranan yang sangat penting.

 

Social Media

Fanspage-banner1  Fanspage-banner2
Fanspage-banner3  Fanspage-banner4
Fanspage-banner5  Fanspage-banner6

Hubungi Kami

mail              : admin@probioterra.com / cs@probioterra.com / marketing@probioterra.com / e-marketing@probioterra.com


Jam Kerja          : 08.00 - 16.00 WIB (Senin-Sabtu)

 

SMS Info Resmi (No Reply)
0815-1961-8712